Becica Bali News

Media Aspirasi Masyarakat

Wakil Ketua DPRD Badung Hadiri Karya Ngenteg Linggih Pura Gunung Agung, Penarungan

BECICABALINEWS-MANGUPURA, Konsisten hadir dan membantu masyarakat di Kabupaten Badung, kembali diwujudkan Wakil Ketua DPRD Badung I Wayan Suyasa. Pada Senin 21 Agustus 2023, Wakil rakyat tiga periode di DPRD Badung ini menghadiri upacara melaspas dan mendem pedagingan serangkain Karya Ngenteg Linggih, Wraspati Kalpa, Memungkah, Mendem Pedagingan lan Mapedudusan Alit ring Pura Gunung Agung, Banjar Guming, Desa Penarungan.

Selain turut serta ngaturang bakti dan ngayah mendem pedagingan, Wayan Suyasa juga ngaturang punia Rp 10 juta pada karya yang puncaknya dilaksanakan pada Anggarkasih Medangsia, 22 Agustus 2023 tersebut. Turut hadir dalam kesempatan tersebut anggota DPR RI, Gde Sumarjaya Linggih, Ketua Fraksi Golkar DPRD Bali Wayan Rawan Atmaja, Bendesa Adat Penarungan Made Widiada, Perbekel Penarungan Ni Wayan Kerni serta tokoh muda milenial sekaligus Ketua Karang Taruna Desa Penarungan, Putu Sika Adi Putra.

Wayan Suyasa mengatakan, atas nama Pemerintah Kabupaten Badung di legislatif menyatakan apresiasi kebersamaan dan semangat yang telah dilakukan krama pengempon dalam mewujudkan karya ini dengan lascarya manah suci. “Hal ini yang utama dan patut kita apresiasi, karena masyarakat secara bersama-sama dengan penuh semangat bergotong royong menyukseskan pelaksanaan karya di Pura Gunung Agung,” ungkapnya.

Politisi inovatif yang populer disapa WS ini kembali menyatakan apresiasi kepada pemerintah Kabupaten Badung di bawah komando Bupati Giri Prasta yang telah memberikan bantuan kepada dana kepada krama pemaksan Pura Gunung Agung. “Bantuan Rp 500 juta telah diberikan Pemkab Badung. Sekali lagi, hal ini yang saya apresiasi selaku wakil rakyat yang mempunyai fungsi budgeting maupun lembaga kontrol,” paparnya.

Secara khusus politisi yang digadang-gadang maju Bupati Badung 2024 ini menyatakan gembira dan berbangga menyaksikan kebersamaan krama dalam menyukseskan karya maupun upakara ini. “Hal ini sudah berjalan baik dan agar senantiasa terus dilanjutkan. Semoga dengan pelaksanaan karya ini, krama memperoleh kerahayuan lan kerahajengan dalam menapakai kehidupan,” tukasnya.

Sementara Prawartaka Karya Made Purna menyampaikan terima kasih atas kehadiran Wakil Ketua DPRD Badung I Wayan Suyasa bersama tokoh maupun pejabat lainnya yang telah berkenan memenuhi undangan serta ngaturang punia. “Pak Wayan Suyasa sudah banyak membantu kami di Pura Gunung Agung, termasuk pada setiap pelaksanaan pujawali di pura ini. Sekali lagi kami sampaikan terima kasih kepada beliau dan undangan lainnya,” ucapnya.

Terkait karya yang dilaksanakan, Made Purna menyatakan merupakan kesepakatan dengan seluruh krama pemaksan Pura Gunung Agung, mengingat karya seperti ini puluhan tahun tidak pernah dilaksanakan, hanya sebatas pujawali yang rutin setiap 6 bulan yakni piodalan jelih dan piodalan alit. “Tawur karya Ngenteg linggih di Pura Gunung Agung sudah dilaksanakan tanggal 17 Agustus lalu. Karya ini juga dilaksanakan pasca rampungnya perbaikan semua pelinggih di Pura Gunung Agung Banjar Guming,” pungkasnya. (Restin)