Becica Bali News

Media Aspirasi Masyarakat

Ketua DPRD Badung Dukung Perkembangan Olahraga Xiangqi

BECICABALINEWS – BADUNG Ketua DPRD Badung Putu Parwata menegaskan siap mendukung perkembangan cabang olahraga (Cabor) Xiangqi di Kabupaten Badung. Hal ini disampaikan Parwata saat menerima audiensi dengan para pengurus Cabor Xiangqi di Kantor DPRD Badung Jumat 8 April di Ruang kerja Ketua DPRD Badung.

Parwata mengatakan jika Xiangqi itu permainan tradisional semacam Catur asal China tetapi dengan model yang berbeda. Permainan ini membutuhkan keseriusan dan konsentrasi yang tinggi.

“Ini adalah permainan tradisional tetapi sudah dilombakan menjadi Cabor tersendiri. Ini adalah inovasi baru bagi generasi muda Badung dan Indonesia umumnya. Ketimbang anak-anak kita main HP saja sebaiknya mereka bisa tekun dan serius di Xiangqi supaya bisa lebih kreatif, lebih bermanfaat, mainannya dengan cabang olahraga yang juga melatih otak, dan bisa menciptakan di Badung,” ujarnya.

Xiangqi ini adalah olah otak, butuh konsentrasi yang tinggi. Ini perlu bagi generasi Badung agar lebih kreatif, lebih inovasi.
“Kami dari DPRD Badung siap mendukung perkembangan Cabor Xiangqi. Apa pun yang dilakukan untuk perkembangan Cabor Xianggi ini kami siap mendukung demi prestasi anak muda Badung,” ujarnya.

Ia meminta agar Ketua Pengurus Cabang (Pengcab) I Gusti Agung Wardika bisa lebih berinovasi demi perkembangan Cabor Xiangqi baik di Badung maupun di Bali. Ia juga berharap agar para atlit Xiangqi Badung bisa berlaga ke event yang lebih besar baik skala nasional maupun dunia.

Sementara itu Ketua Umum Cabor Xiangqi I Gusti Agung Wardika yang juga adalah Sekwan Badung mengatakan, kontribusi atlit Cabor Badung sudah kelihatan sejak tahun 2017 lalu. Misalnya dalam Porprov tahun 2019 di Tabanan beberapa waktu lalu, atlit Xiangqi Badung mampu merebut 9 medali emas dari 10 medali dalam Cabor Xiangqi.

“Potensi atlit Xiangqi Badung ini memang luar biasa. Mereka sudah berkontribusi terhadap perolehan medali emas dalam beberapa event olahraga Xiangqi di Badung sejak secara resmi bergabung di KONI tahun 2017 lalu,” ujarnya. Cabor ini sangat berkontribusi dalam perolehan medali emas di Badung.

Ia meminta agar Pemkab Badung bisa ikut mendukung perkembangan Cabor Xiangqi. Salah satunya dengan pelatihan para atlit Xiangqi mulai dari tingkat sekolah dasar, tenaga pelatih, sarana dan prasarana serta biaya.
“Kami memohon dukungan dari pemerintah daerah di Badung agar mendukung Cabor Xiangqi karena telah berkontribusi besar terhadap perolehan medali emas di Badung dalam beberapa event olahraga di Bali.

Kami akan mengadakan suatu pembinaan sedini mungkin karena ini untuk sekolah dasar dan sekolah menengah pertama adalah kewenangan Pemda kabupaten. Tentu kami mohon izin kepada pimpinan untuk bisa kami sosialisasikan permainan ini keseluruh lapisan masyarakat,” ujarnya.
Ia melanjutkan, permainan ini sudah ada sejak sebelum abad keempat di China. Permain ini terus berkembang sehingga akhirnya dipertandingkan dalam berbagai event olah raga dunia.

Di Indonesia, saat ini kepengurusan di tingkat provinsi baru berdiri di 16 provinsi dari 34 provinsi di Indonesia. Ia juga mengaku sudah mendapatkan konfirmasi dari Ketua Umum Cabor Xiangqi Pusat jika akan ada semacam Rakor di Bali atau pertemuan dari seluruh Pengcab di Indonesia di Bali. Akan ada agenda yang bersifat internasional di Bali dan juga bersifat nasional. Ini juga momentum untuk meningkatkan kunjungan wisatawan ke Bali. (*/Bil)