Becica Bali News

Media Aspirasi Masyarakat

Ternak Lele Bergairah, Peternak Kewalahan Penuhi Permintaan Pasar

BECICABALI NEWS – Peternak Lele asal Darmasaba, I Nyoman Tambun sumringah karena permintaan Lele kembali meningkat. Menurutnya, naiknya permintaan ternak lele membuatnya kewalahan melayani permintaan Pasar. Hal ini diungkapkan Nyoman di kolam lelenya di Banjar Taman, Darmasaba, Abiansemal, Badung, Rabu (23 Desember 2020).

Nyoman pun mengembangkan usaha ternak lelenya dengan menambahkan kolam yang kelima di sebelah selatan ternak lelenya. Hal ini demi memudahkannya dalam menyortir bibit lele. Selain itu tak terpenuhinya permintaan pasar karena keraguan Nyoman selama pandemi Covid-19 untuk membeli bibit lele dalam jumlah banyak. Nyoman sebelumnya pesimis dengan permintaan Pasar yang trendnya waktu itu melandai.

“Permintaan pasar sekarang meningkat untuk sekarang. Saya sebelumnya agak ragu untuk membeli banyak bibit lele. Waktu itu permintaan pasar sangat sedikit sehingga menimbulkan keraguan. Tidak disangka jika permintaan pasar belakangan ini melonjak,” ujar Nyoman.

Nyoman yang saat ditemui tengah mengawasi para penggali kolam lele optimis ke depannya usahanya akan terus berkembang meskipun pandemi Covid-19. Dengan demikian Dia mengembangkan usahanya dengan menambah satu kolam baru.

Namun demikian, Nyoman cemas dengan adanya proyek di sungai yang berpotensi memacetkan pasokan air ke kolam lelenya. Januari 2021 kata Nyoman bakal ada proyek di sungai yang akan menghentikan pasokan air di kolam lelenya. Dijelaskan Nyoman, Air di kolam lelenya meminjam air subak. Dari kolam lele air dikembalikan ke subak dan diyakini air tersebut berpotensi menyuburkan tanaman di sawah.

“Menurut informasi akan ada proyek di sungai semacam perbaikan irigasi. Nantinya pasokan air ke kolam lele terancam macet. Dulu pernah seperti itu, tapi jam 17.00 WITA akan dibuka kembali dan jam 05.00 akan ditutup. Berharap nantinya jika benaran ada proyek di sungai pada tahun mendatang akan menerapkan mekanisme yang sama. Lebih dari itu, sebagai langkah antisipasi, saya sudah siapkan sumur bor yang siap dioperasikan jika pasokan air terkendala pengerjaan irigasi nantinya,” tutup Nyoman.***Roby